Nusantara

Wow..Siswa SMAN 1 Dolok Sanggul Ciptakan Tangan Robot Hidrolik dari Karton

Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri Humbahas Juanda Sitorus saat bersama Siswa Kelas 12 IPA 5 SMAN 1 Dolok Sanggul yang berhasil membuat tangan robot hidrolik dari limbah kardus bekas. Foto/Ded

HUMBAHAS, VoIR – Siswa SMA Negeri 1 Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan berhasil membuat tangan robot hidrolik dari limbah kardus bekas.

Kreativitas itupun dilakukan sekelompok siswa SMAN 1 itu kelas 12 IPA 5 yang diketuai oleh Alfian Simatupang.

Alfian bersama 5 orang temannya mengatakan, untuk bisa membuat robot ini, mereka membentuk kardus itu seperti ekskavator.

Selain menggunakan bahan dasar kardus, kelompok siswa ini menggunakan bahan dasar lainnya, selang infus, suntik, kawat dan klep.

Setelah itu, robot ini disusun sedemikian rupa. Dan untuk memfungsikan robot, sebanyak 4 alat suntik digunakan yang sebelumnya diisikan air.  Alat suntik ini sebagai alat pengendali dengan berfungsi menggerakan 4 arah robot, bisa berputar, bergerak naik turun hingga menjepit dan mengangkat benda ringan.

“Ini merupakan tugas fisika dan dasarnya untuk mengenai tekanan air dan udara,” kata Alfian saat ditemui di Kafe Kopi Berlin, Selasa (10/3) tepatnya Jalan SM Raja Dolok Sanggul.

Baca Juga:  Ingin Masak Lebih Praktis dan Efisien, Warga Sanggau Kalbar Pilih Gunakan Kompor Listrik

Ditambahkannya, dalam mengerjakan tugas fisika itu, ternyata tidak memakan waktu cukup lama. Kelompok siswa ini, hanya 4 jam mengerjakannya, itupun saat setelah pulang sekolah.

“Saat pulang sekolah tadi kita kerjakan ini di sini pak, iya hanya 4 jam,” sambung Salonika Sarumaha.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejaksaan Negeri Humbang Hasundutan, Juanda Sitorus yang tidak sengaja minum kopi di kafe kopi berlin itu mengapresiasi semangat siswa ini atas kreatifitasnya.

“Melalui karya-karya ini, para siswa diharapkan bisa untuk lebih kreatif dalam pemanfaatan limbah sehingga dapat diolah menjadi sebuah produk yang lebih bermanfaat,” kata Juanda. (dedi)

To Top