Nusantara

Walikota Depok Minta Warganya Tetap Tenang dan Jangan Panik Terkait Virus Corona

Walikota Depok Mohammad Idris (tengah) saat Konferensi Pers terkait 2 WNI positif Covid-19. Foto/Rik

DEPOK, VoIR – Wali Kota Depok Mohammad Idris, melalui rilis yang dikirimkan ke media termasuk ke VoIR meminta agar masyarakat Depok tetap tenang dan jangan panik, menyusul adanya pemberitaan dua WNI positif Virus Corona atau Covid-19, yang diduga sempat dirawat di Rumah Sakit di Kota Depok.

Masyarakat Depok diharapkan tetap tenang dan jangan panik, dengan Corona Virus, jaga pola hidup sehat,” kata Mohammad Idris di rilisnya, Senin lalu (02/03/20).

Dikatakannya, setelah mendapat kabar itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, segera melakukan rapat koordinasi guna menentukan langkah selanjutnya.

Walikota mengatakan sejak maraknya Corona pada bulan Januari kemarin, Pemkot Depok langsung melakukan antisipasi dengan beberapa langkah. Pertama, melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Jawa Barat, terkait penanganan Virus Corona. Kedua, Pemkot Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 445/0404/SURVIM sebagai kewaspadaan terhadap Covid-19.

Mohammad Idris juga mengintruksikan kepada Direktur Rumah Sakit di Kota Depok dan Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Se Kota Depok, untuk melakukan upaya pencegahan dan antisipasi munculnya kasus pneumonia berat tersebut, selain juga melakukan sosialisasi terkait gejala dan antisipasi terhadap Virus Corona.

Baca Juga:  KPK Respons LAHP Ombudsman Terkait Kasus Novel

”Jaga kesehatan dan kebugaran fisik kita, agar imunitas tubuh selalu kuat. Sementara jangan merokok dahulu karena Virus Corona menyerang saat data tahan tubuh kita sedang lemah. Segera melapor ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas bersamaan,” jelas Walikota.

Terkait mulai maraknya gejala Covid-19, Ketua DPRD Kota Depok Tengku Muhammad Yusufsyah Putra, dalam Rapat Paripurna Penyampaian Pokir DPRD Kota Depok tahun 2021 dan Penyampaian Renja DPRD Kota Depok tahun 2021, meminta kepada Pemkot Depok segera melakukan upaya-upaya pencegahan menularnya Virus Corona.

“DPRD meminta Pemkot Depok lakukan upaya pencegahan dan penyelesaian terhadap Virus Corona, agar tidak menyebar,” ujarnya saat Rapat Paripurna DPRD Depok, Jumat (06/03/20).

Putra juga menyampaikan, masyarakat juga harus menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Agar tidak terjangkit Covid-19, diharapkan senantiasa mencuci tangan, bagi yang sedang sakit flu memakai masker, hati-hati berinteraksi dengan hewan, makan makanan bergizi tinggi dan melakukan olahraga. (Rik)

To Top