Kesehatan

Ini Rencana Kerja RSUD Depok di Tahun 2021

Direktur RSUD Devi Maryori saat memaparkan usulan RSUD di Aula RSUD Depok, Senin (17/2/20). Foto Dok/Rik

DEPOK, VoIR – Dalam rangka penyusunan anggaran tahun 2021, Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kota Depok menggelar Forum Rencana Kerja (Renja) di Aula RSUD Depok, Senin (17/2/20). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Depok Hardiono.

Direktur RSUD Devi Maryori mengemukakan forum Renja tersebut berfungsi pada integrasi sistem pelayanan RSUD dalam rangka daya saing daerah.

“Renja 2021 kita ini dalam rangka peningkatan daya saing daerah. Tahun depan ada 3 program dengan 12 kegiatan,” ujarnya.

Devi memaparkan, kegiatan prioritas RSUD tahun 2021 yakni Peningkatan Pelayanan RSUD, Pembangunan instalasi medical cek up lantai 4 gedung C, instalasi geriatri, instalasi tumbuh kembang anak, instalasi hemodialisa, pengembang unit diklat tersertifikasi Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) kemenkes.

“Sebagaimana peraturan yang baru, kita harus menyediakan ruang rawat inap dan yang lainnya, di antaranya kami akan sediakan 10 tempat tidur ICU. Sekarang baru ada 3, untuk tahun ini kita tambah jadi 10. Kita juga akan mulai tambah 6 tempat tidur untuk Hi-Care.” bebernya.

Kabid Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Bappeda Kota Depok Jumali mengatakan, Pemkot Depok terus berupaya memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Tahun ini akan kembali membangun konstruksi dan RSUD wilayah timur di Tapos.

Baca Juga:  Keren! 5 Hotel di Bali Termasuk Terindah di Asia

“RSUD ini bisa jadi pembelajaran efek positif bagi RSUD timur,” ujarnya.

Jumali juga menambahkan pekerjaan rumah RSUD yang belum selesai yakni integrasi atau sistem RSUD kepada Pemkot Depok. Mekanisme rujukan menurutnya juga harus lebih mudah, hanya dengan satu klik terdorong ke tujuan.

“RSUD targetnya kelas A, sekarang kelas B bisa, satu langkah lagi naik kelas BB. Di bidang pelayanan RSUD juga belum optimal yakni pelayanan medis, asuhan keperawatan yang profesional, pelayanan penunjang, perubahan kelembagaan RSUD, penambahan gedung F, logistik dan lahan parkir, teknologi informasi mendukung smart government,” paparnya.

Sekda Kota Depok Hardiono mengingatkan bahwa tahun 2021 adalah RPJMD tahap terakhir, Renstra Perangkat Daerah berakhir 2021.

Oleh karena itu, kata Sekda, RSUD mulai sekarang mulai mencicil lebih giat agar tercapainya target RPJMD 2021 Kota Depok. (VoIR/Rik)

To Top