Nusantara

Aksi Cepat Bupati Samosir Atasi Krisis Air di Lahan Pertanian Warga Palipi

Bupati Samosir didampingi Kadis Pertanian langsung meninjau dan menginstruksikan solusi atas krisis air yang dialami petani di Desa Palipi, Kabupaten Samosir, Rabu (15/01/2020). Foto Dok/Karmel

Samosir, VoIR – Menanggapi keluhan warga Palipi akan krisis air di lahan pertanian mereka, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, MM didampingi Kadis Pertanian Viktor Sitinjak meninjau langsung ratusan hektar lahan pertanian padi di Desa Palipi, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (15/01/2020).

Bupati langsung menginstruksikan segera melakukan tindakan untuk pengairan lahan sawah warga Palipi yaitu menggali saluran dan menghidupkan pompa air yang telah dibangun pemerintah Kabupaten Samosir.

Bupati menegaskan bahwa kebutuhan air pada ladang persawahan warga harus diatasi dan jangan sampai kekeringan karena akan membuat gagal panen.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Dinas Pertanian meninjau langsung lahan pertanian yang terkena dampak krisis air, Kamis (15/01/2020). Foto Dok/Karmel

“Kita tidak mau kekeringan membuat warga gagal panen, dinas pertanian agar mengerahkan anggota dan memanfaatkan pompa yang ada,” kata Rapidim sambil mengarahkan pandangannya ke arah jajaran dinas pertanian yang ikut hadir.

Baca Juga:  Bertemu di Vatikan, Uskup Mandagi Undang Paus Fransiskus ke Merauke

Kebutuhan air dengan memanfaatkan saluran irigasi dari sumber sungai Sitete dan pompa air yang ada diharapkan dapat mengairi persawahan warga. Untuk itu, Bupati Samosir menegaskan agar petugas penjaga irigasi dapat mengalirkan air dengan baik.

Di samping itu, diharapkan agar warga pemilik lahan untuk segera melaporkan kebutuhan air kepada petugas penjaga pompa, dengan demikian persawahan akan terisi sesuai kebutuhannya.

“Warga segera melapor kebutuhan air kepada petugas supaya segera diatasi,” himbau Rapidin.

Beberapa pemilik lahan yang sedang berada di lokasi mengucapkan terimkasih atas tindakan cepat yang dilakukan Bupati Samosir. (7tg)

To Top