Dunia

Ini Pesan Natal 2019 Paus Fransiskus dari Vatikan

Paus Fransiskus menyampaikan Urbi et Orbi, tradisi Pesan Natal dari balkon Basilika Santo Petrus, Vatikan, pada 25 Desember 2019.(REUTERS/YARA NARDI)

VoIR – Paus Fransiskus menyerukan perdamaian atas berbagai krisis di dunia dalam pesan Natal 2019 yang disampaikan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Dia menggunakan pidato tradisional Urbi et Orbi (Dari Kota ke Dunia) untuk meminta penyelesaian atas berbagai konflik dunia.

Seperti dilansir AFP Rabu (25/12/2019), di antaranya adalah krisis Timur Tengah, Venezuela, Lebanon, maupun konflik di negara Afrika.

“Semoga Yesus membawa cahaya-Nya kepada anak-anak yang menderita akibat perang dan konflik di Timur Tengah dan negara lain,” ujar Paus Fransiskus.

Paus berusia 83 tahun itu menyerukan dalam Pesan Natal 2019, agar warga Suriah yang masih dilanda perang sipil agar mendapat ketenangan. Dia mendesak komunitas internasional agar mencari solusi supaya masyarakat yang dilanda konflik bisa hidup aman dan damai.

Baca Juga:  WHO Targetkan Pandemi Covid-19 Berakhir 2022, Bagaimana Mewujudkannya?

Paus kemudian menggunakan pesan Natalnya supaya ada resolusi di Lebanon, di mana dia berharap negara itu “hidup berdampingan secara harmonis”.

Pemimpin ke-266 Gereja Katolik Roma itu menyebut rakyat Irak maupun Yaman yang “menderita namun tetap teguh”, tengah menanti perdamaian dan kemakmuran.

Kemudian di Amerika Selatan, dia menyatakan ada sejumlah negara yang tengah mengalami masa sulit, baik sosial maupun politik. Dia menuturkan bagaimana krisis yang terjadi di setiap benua bisa membuat martabat orang-orang di dalamnya terusik.

Lebih lanjut, dia juga mendoakan para korban serangan dari kelompok ekstremis di Afrika, seperti di Burkina Faso, Mali, hingga Nigeria. Demikian dimuat di internasional.kompas.com. (VoIR/Kompas.com)

To Top